seoexpert.co.id Mesin pencarian Google merupakan tempat semua orang menelusuri berbagai aktivitas yang akan dilakukan ataupun mencari tempat-tempat yang akan dikunjungi selama liburan. Saat Anda akan mencari apa yang diinginkan, Anda akan menginput keyword pada kolom pencarian agar apa yang dicari ditampilkan pada mesin pencarian seperti Google.
Keyword merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah
tulisan yang dimuat pada suatu website. Ketika keyword dimuat dalam sebuah tulisan
maka SEO (Search Engine Optimazation) atau mesin pencari bisa menampilkan
tulisan Anda secara otomatis. Lalu bagaimana cara cek keyword google saat
optimasi website agar dapat mempengaruhi traffic pada blog maupun website Anda?
Apa Itu Keyword?
Keyword atau kata kunci merupakan suatu kata
atau konsep yang memiliki keistimewaan pada penggunaannya. Maksudnya adalah keyword
digunakan sebagai sebuah kode untuk menghubungkan suatu kata atau kalimat
menuju informasi lain.
Keyword pada tulisan dalam sebuah website terbagi
menjadi dua jenis, yaitu keyword pendek (maksimal terdiri dari dua suku kata)
dan keyword panjang (lebih dari dua suku kata). Penggunaan keyword pendek dalam
tulisan biasanya memiliki persaingan yang ketat, sedangkan keyword panjang
masih jarang digunakan sehingga persaingannya tidak begitu ketat.
Bagi blogger pemula, disarankan agar menggunakan keyword
panjang agar SEO dapat dengan mudah menampilkan tulisan Anda. Perlu diingat
untuk mengetahui apakah kata kunci yang digunakan sudah pernah digunakan atau
belum, Anda dapat melakukan cek keyword terlebih dahulu
Apa Manfaat Penggunaan Keyword?
Menggunakan keyword pada tulisan Anda sangat penting dan
bermanfaat bagi SEO dalam mengoptimalisasi website. SEO bekerja dengan
memberikan peluang untuk menilai apakah website milik Anda dapat menduduki
posisi teratas pada setiap hasil pencarian.
Dilansir dari www.tedas.id, penggunaan keyword juga dapat membantu mendatangkan
pengunjung website. Berikut ini beberapa manfaat lain dalam penggunaan keyword
saat penulisan artikel saat dimuat pada website.
1.
Mempermudah
Pembaca dalam Menemukan Tulisan
Keyword
yang digunakan pada artikel yang Anda buat akan memudahkan para pembaca untuk
menemukan tulisan yang dibuat. Meskipun saat melakukan pencarian tidak
menuliskan judul secara lengkap, namun jika pencarian telah mengandung kata
kunci yang Anda buat, maka tulisan Anda akan dengan mudah ditemukan pada SEO.
2.
Meningkatkan
Traffic pada Blog atau Website
Jika
blog atau website Anda mengalami penurunan traffic, penyebabnya bisa jadi
karena Anda tidak menggunakan keyword. Jika keyword yang tepat ditambahkan dalam tulisan, maka hal
terseubt dapat meningkatkan kembali traffic pada blog atau website Anda.
3.
Memudahkan
Mesin Pencarian (SEO)
Penambahan
keyword dalam konten Anda membuat mesin pencari dapat dengan mudah menemukan
atau menampilkan tulisan pada website Anda kepada pembaca. Keyword yang tepat
dapat menampilkan konten Anda pada barisan teratas.
Penempatan Keyword yang Tepat
Setelah melakukan cek keyword Google, Anda akan
mengetahui berbagai keyword yang telah digunakan. Data yang didapat membantu
menentukan keyword apa yang bisa dimuat dalam artikel Anda. Penempatan keyword
yang Anda pilih juga akan berpengaruh pada pemberian rangking dalam mesin
pencarian Google.
Keyword dapat diletakkan pada judul tulisan, format
URL, meta deskripsi, judul gambar atau berkas, dan pada link yang memuat
tulisan yang sama. Penempatan letak keyword pada bagian-bagian tersebut dinilai
mampu meningkatkan kemungkinan artikel yang Anda buat dilihat orang lain.
1.
Judul
Tulisan
Judul
tulisan yang Anda buat pada umumnya terdiri dari 60 karakter. Untuk membuat
tulisan Anda ditemukan pada mesin pencarian Google, sebaiknya Anda mencantumkan
keyword dalam judul tulisan yang dibuat.
2.
Format
URL
URL
merupakan serangkaian teks akan muncul pada bilah alamat di mesin pencarian
yang Anda gunakan. Format URL digunakan sebagai alamat laman dari tulisan Anda,
sehingga pencarian dapat dimaksimalkan saat Anda memasukkan keyword pada format
URL.
3.
Meta
Deskripsi
Meta
deskripsi merupakan rangkaian kata yang muncul dalam mesin pencarian sebagai
pratinjau dari artikel Anda. Umumnyaa, meta deskripsi tidak lebih dari 160
karakter. Dengan menginput keyword pada meta deskripsi, mesin pencari dapat
membatu menaikkan website Anda pada barisan teratas.
4.
Judul
Gambar atau Berkas
Pada
aktivitas pencarian biasanya tidak hanya artikel saja yang akan dicari. Orang
lain juga akan mencari konten berupa gambar atau video. Untuk membuat
pengunjung website meningkat, sebaiknya Anda mencantumkan keyword dalam judul
gambar atau video tersebut.
5.
Link
yang Serupa
Keyword
yang dicantumkan pada link yang serupa dapat meningkatkan kemungkinan munculnya
website Anda pada mesin pencari. Sehingga saat orang lain mencari keyword Anda,
mereka akan diarahkan pada link website Anda.
Jika Anda kesulitan menentukan keyword apa saja yang
akan digunakan, SEOMEDIA menyediakan jasa pembuatan keyword untuk konten yang
akan Anda buat. Jasa ini menawarkan paket pembuatan keyword per bulan dengan
tarif yang cukup terjangkau.
SEOMEDIA menyediakan tiga paket pembuatan keyword,
yaitu pembuatan 2 keyword (terdiri dari 3 kata), 2 keyword (terdiri dari 2
kata), dan 1 keyword (terdiri dari 1 kata). Perlu diketahui bahwa setiap
keyword harus memiliki keunikan agar dapat bersaing pada mesin pencari Google.
Untuk informasi selengkapnya, silahkan kunjungi website resminya di https://seomedia.co.id/.
PERHATIAN!
Semua data di atas adalah data terakhir yang valid saat artikel tentang Bagaimana Cek Keyword Google Ketika Optimasi SEO Website? ini dibuat. Sumber artikel ini berasal dari data https://www.google.co.id/maps dan berbagai sumber lainnya. Perlu diketahui bahwa kami tidak menyarankan atau merekomendasikan anda untuk mengklik dan mengikuti dari segala link keluar yang terdapat di situs ini. Situsheindonesia.id tidak bertanggung jawab atas Segala resiko transaksi. Artikel ini dibuat dengan tujuan mempermudah pembaca dalam mencari informasi terkait Jasa SEO Terpercaya. Tetap bijak dan selalu berhati - hati dalam bertransaksi.(alert-warning)