Bagaimana Cek Keyword Google Ketika Optimasi SEO Website?

seoexpert.co.id Mesin pencarian Google merupakan tempat semua orang menelusuri berbagai aktivitas yang akan dilakukan ataupun mencari tempat-tempat yang akan dikunjungi selama liburan. Saat Anda akan mencari apa yang diinginkan, Anda akan menginput keyword pada kolom pencarian agar apa yang dicari ditampilkan pada mesin pencarian seperti Google.

Keyword merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah tulisan yang dimuat pada suatu website. Ketika keyword dimuat dalam sebuah tulisan maka SEO (Search Engine Optimazation) atau mesin pencari bisa menampilkan tulisan Anda secara otomatis. Lalu bagaimana cara cek keyword google saat optimasi website agar dapat mempengaruhi traffic pada blog maupun website Anda?

Apa Itu Keyword?

Keyword atau kata kunci merupakan suatu kata atau konsep yang memiliki keistimewaan pada penggunaannya. Maksudnya adalah keyword digunakan sebagai sebuah kode untuk menghubungkan suatu kata atau kalimat menuju informasi lain.

Keyword pada tulisan dalam sebuah website terbagi menjadi dua jenis, yaitu keyword pendek (maksimal terdiri dari dua suku kata) dan keyword panjang (lebih dari dua suku kata). Penggunaan keyword pendek dalam tulisan biasanya memiliki persaingan yang ketat, sedangkan keyword panjang masih jarang digunakan sehingga persaingannya tidak begitu ketat.

Bagi blogger pemula, disarankan agar menggunakan keyword panjang agar SEO dapat dengan mudah menampilkan tulisan Anda. Perlu diingat untuk mengetahui apakah kata kunci yang digunakan sudah pernah digunakan atau belum, Anda dapat melakukan cek keyword terlebih dahulu

Apa Manfaat Penggunaan Keyword?

Menggunakan keyword pada tulisan Anda sangat penting dan bermanfaat bagi SEO dalam mengoptimalisasi website. SEO bekerja dengan memberikan peluang untuk menilai apakah website milik Anda dapat menduduki posisi teratas pada setiap hasil pencarian.

Dilansir dari www.tedas.id, penggunaan keyword juga dapat membantu mendatangkan pengunjung website. Berikut ini beberapa manfaat lain dalam penggunaan keyword saat penulisan artikel saat dimuat pada website.

1.       Mempermudah Pembaca dalam Menemukan Tulisan

Keyword yang digunakan pada artikel yang Anda buat akan memudahkan para pembaca untuk menemukan tulisan yang dibuat. Meskipun saat melakukan pencarian tidak menuliskan judul secara lengkap, namun jika pencarian telah mengandung kata kunci yang Anda buat, maka tulisan Anda akan dengan mudah ditemukan pada SEO.

 

2.       Meningkatkan Traffic pada Blog atau Website

Jika blog atau website Anda mengalami penurunan traffic, penyebabnya bisa jadi karena Anda tidak menggunakan keyword. Jika keyword  yang tepat ditambahkan dalam tulisan, maka hal terseubt dapat meningkatkan kembali traffic pada blog atau website Anda.

 

3.       Memudahkan Mesin Pencarian (SEO)

Penambahan keyword dalam konten Anda membuat mesin pencari dapat dengan mudah menemukan atau menampilkan tulisan pada website Anda kepada pembaca. Keyword yang tepat dapat menampilkan konten Anda pada barisan teratas.

Penempatan Keyword yang Tepat

Setelah melakukan cek keyword Google, Anda akan mengetahui berbagai keyword yang telah digunakan. Data yang didapat membantu menentukan keyword apa yang bisa dimuat dalam artikel Anda. Penempatan keyword yang Anda pilih juga akan berpengaruh pada pemberian rangking dalam mesin pencarian Google.

Keyword dapat diletakkan pada judul tulisan, format URL, meta deskripsi, judul gambar atau berkas, dan pada link yang memuat tulisan yang sama. Penempatan letak keyword pada bagian-bagian tersebut dinilai mampu meningkatkan kemungkinan artikel yang Anda buat dilihat orang lain.

1.       Judul Tulisan

Judul tulisan yang Anda buat pada umumnya terdiri dari 60 karakter. Untuk membuat tulisan Anda ditemukan pada mesin pencarian Google, sebaiknya Anda mencantumkan keyword dalam judul tulisan yang dibuat.

 

2.       Format URL

URL merupakan serangkaian teks akan muncul pada bilah alamat di mesin pencarian yang Anda gunakan. Format URL digunakan sebagai alamat laman dari tulisan Anda, sehingga pencarian dapat dimaksimalkan saat Anda memasukkan keyword pada format URL.

 

3.       Meta Deskripsi

Meta deskripsi merupakan rangkaian kata yang muncul dalam mesin pencarian sebagai pratinjau dari artikel Anda. Umumnyaa, meta deskripsi tidak lebih dari 160 karakter. Dengan menginput keyword pada meta deskripsi, mesin pencari dapat membatu menaikkan website Anda pada barisan teratas.

 

4.       Judul Gambar atau Berkas

Pada aktivitas pencarian biasanya tidak hanya artikel saja yang akan dicari. Orang lain juga akan mencari konten berupa gambar atau video. Untuk membuat pengunjung website meningkat, sebaiknya Anda mencantumkan keyword dalam judul gambar atau video tersebut.

 

5.       Link yang Serupa

Keyword yang dicantumkan pada link yang serupa dapat meningkatkan kemungkinan munculnya website Anda pada mesin pencari. Sehingga saat orang lain mencari keyword Anda, mereka akan diarahkan pada link website Anda.

Jika Anda kesulitan menentukan keyword apa saja yang akan digunakan, SEOMEDIA menyediakan jasa pembuatan keyword untuk konten yang akan Anda buat. Jasa ini menawarkan paket pembuatan keyword per bulan dengan tarif yang cukup terjangkau.

SEOMEDIA menyediakan tiga paket pembuatan keyword, yaitu pembuatan 2 keyword (terdiri dari 3 kata), 2 keyword (terdiri dari 2 kata), dan 1 keyword (terdiri dari 1 kata). Perlu diketahui bahwa setiap keyword harus memiliki keunikan agar dapat bersaing pada mesin pencari Google. Untuk informasi selengkapnya, silahkan kunjungi website resminya di https://seomedia.co.id/.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar