Cara Cek SEO pada Website

seoexpert.co.id Search Engine Optimization menjadi salah satu strategi meningkatkan trafik pengunjung suatu website dengan memanfaatkan penggunaan keyword dan algoritma search engine. Jika sudah menggunakan teknik ini, Anda harus memeriksa skornya apakah sudah efektif atau belum.

Ada beberapa alat cek SEO, baik gratis maupun berbayar bahkan ada yang bisa dilakukan secara online. Berikut ini ulasan mengenai cara cek SEO untuk website.

Cara Memeriksa SEO pada Website atau Blog

Untuk memeriksa konten website, Anda bisa menggunakan tool-tool di bawah ini.

1.     Check My Links

Check my links dapat memeriksa keaktifan suatu tautan eksternal sekaligus internal pada website. Untuk hasil tautan aktif akan diberikan tanda warna hijau, sebaliknya apabila link sudah tidak aktif akan ditandai warna merah.

Selain memeriksa tautan, Check My links dapat meningkatkan kualitas konten web. Hasilnya trafik pengunjung bisa meningkat setelah adanya perubahan tersebut.

2.     CopyScape

Untuk mendapatkan konten yang berkualitas, Anda perlu memeriksa plagiarisme tulisan. Sehingga  dapat menghindari blokir dari pihak Google dan memberikan petunjuk originalitas konten di website.

3.     SeoSiteCheckup

Alat ini merupakan penyedia jasa periksa konten terbaik. Di dalam alat ini terdapat fitur penghitung Image Alt Test serta Loading Speed Test.

4.     SEO Report Card

Tool keluaran dari UpCity ini digunakan untuk membandingkan antar website. Bahkan alat ini mampu memberikan informasi seperti analisis peringkat, link building, website accessibility, on site analysis, current indexing, dan trust metrics.

5.     HubSpot’s Website Grader

HubSpot’s bisa memeriksa sekaligus menganalisis pemakaian dan relevansi konten terhadap website secara keseluruhan. Laporan hasil analisis terdiri dari performance, security, SEO (kriteria, judul, sub-heading, dan analisa pada alt text), beserta mobile readiness.

Nilai dari konten yang ditampilkan berupa angka persentase. Apabila nilai berada diatas 67% maka website sudah berada di atas rata-rata dan konten situs sudah baik.

6.     SEOSiteCheckup

Hasil analisis berupa kelengkapan informasi website, penggunaan keyword, heading, dan simulasi website pada mobile phone. Cara penggunaannya pun mudah, yaitu memasukkan link situs atau URL.

Apabila ingin memeriksa lebih dari satu website, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Selain itu, nda bisa berlangganan paket mulai dari Rp. 300 ribu per bulan untuk penggunaan banyak website. Jika masih ragu Anda bisa mencoba free trial selama 14 hari.

7.     Found’s SEO Audit Tool

Jika ingin menggunakannya, masukkan URL web di halaman tool ini. Kemudian akan ditampilkan hasil analisis yang meliputi technical issues (menunjukkan sitemap XML), external link analysis (menampilkan kualitas link), dan content issues (hasil pengaruh penggunaan keyword).

8.     Screaming Frog SEO Spider

Screaming frog dapat memberikan analisis pada seluruh aspek dari konten website, mulai dari kekurangan konten, keyword, link, dan lain sebagainya. Sayangnya dibutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan informasi lengkap.

Keunggulan lainnya yang bisa diperoleh adalah hasil analisis dapat dipindahkan di Microsoft Excel, sehingga bisa memadukan dengan tool lainnya. Screaming Frog merupakan alat analisis termudah dalam mengawasi ranking website.

9.     QuickSprout Website Analyzer

Apabila ingin mencari alat yang cepat, QuickSprout dapat menjadi pilihan. Sebab alat ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk menunjukkan hasil analisisnya. Beberapa analisa yang ditampilkan yaitu penggunaan keywords, tags, social links, serta perbandingan dengan web lain.

Berbeda dengan alat lainnya, QuickSprout menampilkan hasil analisisnya menggunakan angka persentase.

10.  Varvy’s SEO Overview Tool

Alat ini bisa menganalisis beberapa hal pada konten web Anda, seperti link, SEO gambar, kekuatan domain, analisis teknikal per halaman, dan kecepatan akses pada situs Anda. Meskipun hasil analisanya tidak terlalu mendalam, namun Varvy’s menawarkan layanan yang cepat.

Keunggulan dari alat ini adalah dapat menganalisis suatu gambar, seperti alt text sampai jumlah kata pada gambar.

Dengan mengetahui beberapa cara cek SEO menggunakan berbagai macam tool untuk mengoptimalkan website Anda, sehingga bisa meningkatkan jumlah pengunjung dan menempatkan halaman web di peringkat atas hasil pencarian.

Beberapa dari tools di atas memiliki fitur yang hanya bisa digunakan dengan versi berbayar. Jadi Anda perlu mengeluarkan biaya penggunaan. Terdapat cara lain yang lebih murah dan mudah untuk mengoptimasi website Anda, yaitu dengan menggunakan jasa SEOMEDIA. Anda hanya perlu berlangganan untuk mendapatkan layanan lengkapnya.

Untuk informasi penawaran lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi https://seomedia.co.id/. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar