Memahami Cara Kerja Mesin Pencari Google

seoexpert.co.id Mesin pencari website bekerja dengan cara melakukan penyimpanan terhadap segala macam informasi tentang banyak halaman di dalam sebuah website. Halaman-halaman tersebut diambil dengan web crawler atau browser web yang secara otomatis mengikuti setiap link. Seperti cara kerja mesin pencari Google yang sampai sekarang masih sangat sering digunakan banyak orang.

 

Memahami Cara Kerja Mesin Pencari Google

Mesin Pencari Google

Siklus mesin pencarian Google dari segi cara kerja yang pertama adalah saat seseorang ingin menemukan informasi atau hal yang diperlukan dengan cara memasukkan suatu kata atau kalimat yang biasa disebut permintaan pencarian. Jika sudah mengetikkan kata atau kalimat, Google langsung akan mesin pencari akan menampilkan daftar hasil pencarian yang paling relevan.

Di dalam dunia bisnis mesin pencarian sangat dibutuhkan untuk memasarkan bisnis tersebut. Dengan suatu kalimat yang berkaitan dengan bisnis, daftar hasil pencarian akan muncul. Misal Anda sedang mencari sepatu, maka Anda bisa mengetik “beli sepatu” maka yang keluar di mesin pencarian adalah toko-toko yang menjual sepatu.

Atau mungkin Anda sedang mencari resep makanan sate ayam, maka yang muncul adalah daftar link yang berkaitan dengan resep sate ayam. Oleh karena itu platform Google bisa menjadi salah satu cara tepat untuk memasarkan usaha Anda. Dengan cara tersebut, sudah bisa dipastikan bahwa tujuan bisnis Anda sudah sesuai dengan target orang yang akan dituju.

Karena orang tersebut yang akan mencari tahu informasi dari bisnis Anda sendiri. Semakin bagus posisi halaman website di Google maka akan semakin besar peluang untuk memperoleh pengunjung yang berpotensial membuka website Anda. Yang dimaksud dengan pengunjung potensial adalah calon pembeli atau pengguna dari bisnis yang sedang Anda pasarkan melalui website.

 

3 Tahap Cara Kerja Google

  1. Crawling

Crawling adalah penelusuran atau penjelajahan. Di tahap ini search engine akan menjelajahi berjuta-juta hingga triliunan halaman dan data yang terdapat di world wide web (WWW). Search engine biasanya akan memulai penelusuran data dari website yang paling  aktual dan terpercaya.

Dari website tersebut Google akan menemukan semua link yang akan terhubung ke website lainnya. Dari website tersebut akan terdapat sebuah link lagi yang berkaitan juga dengan website utamanya. Jadi seperti terjaring ke segala arah, yang bentuknya seperti jaring laba-laba.

Website untuk mencari data atau dokumen dinamakan spider atau crawler. Crawler menjelajahi world wide web dengan cara menelusuri semua link di dalam satu website ke halaman lain atau ke website lainnya yang datanya sudah masuk ke dalam index.

  1. Indexing

Indeks merupakan sebuah daftar terbesar dari semua halaman website dan konten. Indeks tersebut ditemukan oleh bot. Halaman atau dokumen yang Anda  telusuri pada crawling akan masuk ke dalam daftar database milik mesin pencarian. Indeks ini dapat digunakan sebagai sumber informasi yang nantinya akan ditampilkan pada halaman hasil penjelajahan.

Untuk masuk ke dalam indeks pencarian biasanya dokumen yang paling relevan yang terpilih dari database. Setiap ada orang yang mencari suatu hal di Google, data dari website yang terdapat di index search engine tersebutlah yang akan ditampilkan di layar utama hasil mesin pencarian.

Dari mesin pencarian berdasarkan indeks tersebut akan muncul jutaan lebih data atau dokumen yang sangat banyak. Terdapat ratusan hingga jutaan dokumen atau data yang termasuk relevan dalam indeks. 

  1. Ranking

Cara kerja terhadap rangking tersebut adalah dengan memberi peringkat pada halaman adalah secara rahasia, dan dengan cara tersendiri. Ada berbagai cara mesin pencari dalam menentukan sebuah peringkat, termasuk kata-kata pada  halaman, jumlah situs yang terhubung, dan juga konten terbaru.

Tujuan rangking tersebut adalah untuk menghubungkan pencari dengan informasi yang sedang dicari oleh calon pengunjung website. Berdasarkan proses rangking, dari semua jutaan dokumen dan halaman yang relevan, Google akan memberi penilaian terhadap masing-masing data dan juga menentukan mana yang paling signifikan dan dapat dipercaya.

Dengan mengetahui cara kerja mesin pencari Google tentunya halaman website Anda menjadi jauh lebih baik.  Untuk mengoptimalkan website bisnis, Anda bisa menggunakan jasa seperti SEOMEDIA yang sangat memahami pengoptimalan terhadap suatu website. Dari hasil optimal tersebut tentunya website Anda akan banyak dikunjungi oleh calon pelanggan.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar