Cara Ampuh Optimasi Website agar Bisnis Lancar

seoexpert.co.id Dulu saat ingin mempromosikan produk bisnis, seseorang harus mengorbankan banyak waktu, tenaga, dan biaya. Namun semakin berkembangnya teknologi, pebisnis semakin dimudahkan dengan adanya media-media yang memberikan ruang untuk mempromosikan produknya, misalnya media sosial dan website.

Website menjadi salah satu media paling efektif untuk meningkatkan brand awareness suatu produk. Akan tetapi agar website dapat bekerja secara optimal, Anda harus melakukan beberapa hal menarik. Apa sajakah itu? Yuk, simak cara optimasi website berikut ini.



Tips Jitu Mengoptimalkan WEB

Ada beberapa strategi agar website mampu bersaing dengan website lainnya.

1.     Buat desain web lebih menarik dan nyaman dilihat.

Tampilan menjadi nilai penting saat seseorang datang di suatu halaman situs. Selain desain, Anda juga perlu memperkirakan font, panduan, keterangan, kombinasi warna, dan desain layout. Ketika bisa memadukan beberapa hal tersebut, pengunjung tidak akan enggan untuk datang kembali.

2.     Membuat konten menarik dan berkualitas.

Selain tampilan desain web lebih nyaman, konten artikel juga perlu dibuat semenarik mungkin dan berkualitas. Misalnya ketika website dibuat untuk mempromosikan usaha travelling Anda, cobalah mengisi website dengan artikel tips travelling dan rekomendasi tempat yang tepat. Bukan hanya fokus pada mempromosikan produk usaha.

3.     Menggunakan backlink.

Backlink merupakan teknik pada strategi SEO off page dengan cara meninggalkan link di website lain. Cara ini digunakan agar pengunjung dari web lain tersebut bisa mengunjungi situs.

4.     Optimalkan gambar.

Gambar menjadi elemen penting pula dalam sebuah artikel sebab sebanyak 65% dari konten diisi oleh gambar. Untuk menghindari halaman situs yang berat, Anda perlu mengatur ukuran sekaligus  dimensi gambar.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengupload gambar dengan benar. Pertama, gunakan CSS apabila saat mengunggah gambar ukuran 1024 px dengan konten sebanyak 604 px. Gambar akan di resize otomatis saat menggunakan CSS.

Kedua, gunakan tools seperti tinypng dan reSmush.it untuk mengubah ukuran serta mengurangi kualitas gambar.

5.     Gunakan hosting yang tepat

Pemilihan hosting secara tepat dapat mempengaruhi kecepatan sebuah web. Anda bisa menggunakan beberapa hosting murah dengan fitur lengkap seperti Softaculous, SVN, Grade A SSL, Phython, Ruby on Rails, dan lain sebagainya.

6.     Gunakan sistem caching.

Saat menggunakan sistem ini, penyimpanan salinan database server Anda ke browser dari situs yang dikunjungi  sebelumnya. Penyimpanan ini akan mempermudah pengunjung saat ingin membuka situs Anda kembali, ini akan berdampak pada performa situs.

7.     Content Delivery Network (CDN).

CDM merupakan sistem jaringan server dengan kemampuan mengirimkan konten web kepada pengguna berdasarkan lokasi. Cara ini dapat mempercepat konten sekaligus meningkatkan trafik pengunjung.

8.     Membuat link eksternal

Adanya link eksternal ini dapat membantu Anda mempromosikan konten website di media lain, misalnya di media sosial serta media digital lainnya. Link ini dapat merujuk ke halaman web lain yang menjadi sumber dari tulisan.

9.     Link internal.

Di dalam link internal, Anda perlu memasukkan keyword dari Google agar halaman web bisa berada di halaman pertama pencarian. Bila artikel memiliki konten panjang dan harus dibagi ke dalam dua bagian, berikan link internal bagian pertama di bagian kedua.

10.  Pastikan website aman dipakai.

Beberapa perangkat tidak mengizinkan penggunanya untuk mengakses situs yang tidak aman. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan server yang aman digunakan yaitu HTTPS. Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) merupakan protokol internet yang menjaga kerahasiaan data pengguna.

11.  User experience.

User experience memiliki arti berbeda bagi setiap orang. Akan tetapi secara sederhana, Anda dapat membuat website dengan nilai guna (mendapatkan manfaat), dapat dinavigasi (mudah berpindah halaman, scrolling ke halaman bawah, pindah menu lain, dan lain sebagainya), kredibel, serta menarik (isi keseluruhan halaman).

Itulah beberapa cara optimasi website yang bisa Anda lakukan. Dari semua langkah diatas dapat dirangkum dengan menggunakan SEO on page yang dapat mengoptimalkan situs secara keseluruhan dan menyesuaikannya dengan keyword serta SEO off page berfungsi membangun tautan web.  

Apabila mengalami kesulitan untuk menggunakan cara tersebut, Anda dapat memanfaatkan sebuah layanan pengoptimalan web yaitu SEOMEDIA atau dapat berkunjung langsung di website resminya https://seomedia.co.id/. Di media ini, sudah tersedia paket lengkap mulai dari SEO on page, struktur pemeliharaan web, SEO off page, maupun monitoring.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar