Cara Mudah Cek Peringkat Website

Seoexpert.co.id Berada di peringkat atas pada hasil pencarian adalah impian setiap orang yang memiliki website. Untuk mendapatkannya Anda harus melakukan optimasi website dengan berbagai cara seperti teknik SEO, mengatur desain dan tata letak web, atau lainnya.  

Sayangnya meskipun sudah melakukan berbagai strategi ini belum bisa memastikan bahwa artikel dapat ditemukan di halaman pertama. Sebab bisa jadi Anda belum menggunakan teknik SEO yang efektif atau pesaing lebih baik dalam memanfaatkannya. Oleh karena itu, diperlukan pemeriksaan  peringkat web. Inilah ulasan mengenai cara cek peringkat website yang bisa Anda gunakan.



Pengertian Ranking Website

Ranking website merupakan peringkat atau posisi web pada mesin pencari yang ditentukan berdasarkan kata kunci dan konten. Ranking tersebut dapat menentukan bagaimana performa web dan jumlah pengunjung situs.

Mengetahui ranking website dapat membantu mengawasi perkembangan web, misalnya kapan situs berada di halaman teratas atau malah turun. Dengan begitu, Anda dapat memperbaiki konten berikutnya.

Tools untuk Memeriksa Peringkat WEB

Anda bisa memeriksa peringkat web melalui alat atau aplikasi. Berikut ini berbagai macam  tools untuk digunakan.

1.     Google Search Console

Aplikasi yang sebelumnya bernama Google Webmaster tool ini menyediakan beberapa peringkat organik, seperti keyword, posisi keyword, jumlah klik, dan tren web pada periode tertentu. Apabila ingin melihat jumlah klik dan tayangan, gunakanlah menu performance. Bahkan pengguna dapat melihat data penayangan selama 16 bulan, sehingga berfungsi membandingkan perkembangannya.

2.     SERPWatcher

SERPWatcher memiliki versi gratis dan berbayar. Jika menggunakannya dengan versi gratis, Anda hanya memiliki maksimal lima kali pengecekan dalam sehari. Untuk menggunakannya, ikutilah langkah-langkah di bawah ini.

·       Ketik domain website.

·       Pilih lokasi atau negara tempat web berada.

·       Ketik kata kunci, lalu pilih Start Tracking.

 

3.     SERPRobot

SERPRobot dapat menyediakan layanan SERP (Search Engine Result Page) analitik. Pada tools ini, Anda bisa memeriksa ranking web berdasarkan kata kunci. Karena penggunaannya yang gratis, aplikasi ini juga memiliki limit harian yaitu 10 keyword.

Cara menggunakannya adalah

·       Pilih lokasi website.

·       Ketikkan alamat domain.

·       Masukkan kata kunci, lalu tekan Check SERP Now.

Hasil analisis akan menampilkan analisis keyword, ranking website dan nama domain.

4.     Alexa Rank

Keuntungan menggunakan alat ini adalah dapat melihat peringkat web dalam skala global. Untuk menggunakannya hanya perlu memasukkan nama domain saja kemudian tekan “Find”. Hasil analisis berupa posisi ranking.

5.     What’s My SERP

Kelebihan dari alat ini adalah bisa memeriksa peringkat 10 keyword sekaligus. Masukkan domain situs, negara target serta keyword, kemudian klik Check All. Tunggulah beberapa saat hingga tool ini menampilkan hasil pencarian.

6.     SEMRush

SEMRush merupakan aplikasi berbayar yang digunakan untuk memeriksa ranking situs. Caranya dengan memasukkan domain beserta URL, lalu SEMRush akan menampilkan kata kunci yang ditargetkan, keyword density, CPC, serta volume pencarian. Selain digunakan untuk menganalisis web di Google, SEMRush dapat digunakan pada Bing.

7.     AccuRanker

AccuRanker memiliki tampilan intuitif dan user friendly. Sama dengan SEMRush, tool ini bisa digunakan di Bing juga. Hasil analisis ditampilkan dalam bentuk grafik dan tabel. Untuk penggunaannya, Anda bisa memilih harga sesuai jumlah keyword dan terdapat pula free trial selama 14 hari.

8.     SEOCentro Rank Checker

SEOCentro dapat digunakan pada berbagai search engine, yaitu Google, Bing, Yahoo, dan lainnya. Beberapa hasil meliputi keyword, peringkat, sekaligus riwayat ranking keyword. Jadi apabila menggunakannya, Anda bisa mengetahui perkembangan situs dari waktu ke waktu.

9.     Ahrefs

Ahrefs menawarkan penggunaan yang user friendly untuk penggunanya, sehingga tool ini bisa digunakan untuk pemula. Informasi yang diberikan terbilang cukup lengkap, yaitu keyword density, ranking keyword, volume pencarian, dan lainnya.

Hasil akan diperoleh dalam waktu singkat dengan kualitas informasi terbaik, data akan ditampilkan dalam bentuk diagram serta grafik. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu memasukkan nama domain saja.

Sekian sedikit penjelasan tentang
cara cekperingkat website, selain tool diatas ada banyak tool lain yang bisa digunakan. Anda dapat memilih salah satu tool dengan banyak fitur dengan informasi detail.

Selain itu bisa digunakan untuk memeriksa perkembangan website menggunakan paket yang disediakan oleh jasa SEOMEDIA. Paket serta layanan ini dapat Anda dapatkan apabila berlangganan. Informasi perkembangan web dapat diterima setiap bulannya sehingga tidak perlu memeriksanya sendiri. Sangat menarik, bukan?

Jadi untuk meningkatkan website Anda di mesin pencari, maka tidak perlu ribet karena Anda cukup mempercayakan kepada SEOMEDIA. Tentunya website Anda akan dikelola oleh tim profesional dan pakar SEO yang sudah berpengalaman lebih dari 6 tahun.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar