Mengenal Apa itu Search Engine Optimization Lebih Dekat

seoexpert.co.id Bagi yang baru membuat web atau blog pasti pernah menanyakan apa itu Search Engine Optimization (SEO). Untuk memahaminya lebih dalam dan menguasainya, Anda perlu mengetahui pengertian, manfaat, jenis dan cara kerjanya.

Oleh karena i
tu, berikut ini akan dibahas secara tuntas segala hal yang berkaitan dengan SEO agar bisa lebih memahaminya.

Pengertian SEO

Search Engine Optimization merupakan suatu strategi untuk mengoptimalkan performa sebuah website menggunakan keyword tertentu. Pengoptimalan website ini dinilai berhasil apabila suatu situs bisa berada di halaman pertama atau pencarian teratas di hasil pencarian.

Untuk mendapatkan keyword terbaik, Anda harus menggunakan riset dan beberapa strategi yang bisa menunjukkan keyword. Strategi ini dianggap efektif karena sistem operasi Google memang menggunakan algoritma dalam menentukan peringkat sebuah web.

Manfaat

Ada beberapa manfaat ketika menggunakan strategi ini, yaitu :

1.     Trafik pengunjung meningkat

Ketika menggunakan strategi ini dengan baik, website akan berada di halaman pertama mesin pencarian. Hal tersebut tentunya akan membuat website banyak dikunjungi karena mudah ditemukan dan lebih dikenal banyak orang. Namun perlu menjadi perhatian untuk tetap memastikan bahwa web sudah siap agar tidak down.

2.     Meningkatkan kredibilitas serta Brand awareness

Saat situs mudah ditemukan dan memiliki banyak pengunjung, orang-orang bisa lebih percaya dengan konten pada web. Selain itu, produk Anda akan lebih dikenal banyak orang secara luas dan dapat dengan mudah ditemukan di Google.

3.     Branding

Selain mengisi web dengan konten informasi bermanfaat untuk pembaca, Anda dapat menyiasati dengan menulis artikel soft selling untuk mempromosikan bisnis.

4.     Mengoptimalkan bisnis online

SEO tidak hanya membuat web berada di posisi teratas pencarian, namun strategi ini dapat membantu Anda menemukan pembeli potensial. Sebab melalui SEO, web akan ditemukan berdasarkan minat atau ketertarikan pengunjung. Ini akan berdampak pada kelangsungan bisnis Anda.

5.     Lebih mudah dikonversi

Penggunaan SEO akan berdampak pada pelanggan pula. Pengunjung yang menekan klik website secara organik dapat dengan mudah dikonversi menjadi pelanggan.

Jenis-Jenis SEO

Terdapat dua jenis untuk mengoptimalkan web dan bisnis, yaitu On page dan Off page. Berikut ini penjelasan keduanya.

1.     SEO On Page

Jenis ini lebih fokus pada pengembangan di dalam web itu sendiri. Hal yang harus diperhatikan adalah isi kebermanfaatan konten, desain dan tema website, menggunakan keyword dengan tepat, dan website lebih user friendly.

2.     SEO Off Page

Kebalikan dari jenis sebelumnya, jenis Off page lebih fokus pada pengoptimalan web diluar website misalnya menggunakan link pada situs lain. Hanya saja Anda perlu menganalisa dan memantau URL agar tidak error.

Cara Kerja SEO

Setidaknya ada 4 cara kerja atau konsep dasar yang wajib Anda ketahui.

1.     Crawling

Crawling merupakan suatu proses mengambil halaman web yang terintegrasi dengan situs web Anda. Untuk melakukannya, ada aplikasi khusus yaitu crawler/spider/Googlebot pada sistem operasi Google.

2.     Indexing

Pengindeksan merupakan proses untuk memberikan indeks pada sebuah website dengan cara memeriksa tulisan dan deskripsi beserta kata kunci tertentu. Proses ini sangat penting karena dapat menentukan kualitas web.

3.     Processing

Pada tahap ini, Google akan melakukan perbandingan keyword di berbagai situs agar web Anda bisa memiliki performa terbaik.

4.     Calculating Relevancy

SEO dapat menghitung relevansi dari setiap halaman beserta kata kunci yang sama pada sebuah halaman terindeks.

5.     Retrieving Result

Selanjutnya adalah babak penentuan dari kinerja keyword yang digunakan. Setelah proses ini, website akan ditampilkan pada hasil penelusuran di browser atau Google.

Keterampilan Mengelola Website

Setelah mengenal lebih lanjut tentang SEO, Anda perlu meningkatkan kemampuan untuk membuatnya. Apa sajakah yang perlu dipelajari?

1.     Menemukan kata kunci dengan tepat.

2.     Menganalisa kompetitor lainnya.

3.     Membuat konten lebih menarik dan tetap memperhitungkan manfaatnya bagi pembaca.

4.     Membuat link internal maupun eksternal.

5.     Mengaudit performa web.

Dengan mengetahui mengenai apa itu search engine optimization yang telah dibahas di atas. Bahkan sudah dijelaskan keterampilan yang wajib dipelajari dan harus diterapkan. Untuk itu bagi yang ingin mengupgrade keterampilan agar bisa  menjual produk dengan baik, Anda dapat mengunjungi https://seomedia.com/ untuk mendapatkan kursus atau layanan terbaiknya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar